Tidak Ikhlas Mendidik, Ini 3 Dampak Buruknya Pada Anak

Tidak semua orang tua tepat dalam mendidik anak-anaknya, bahkan ada sebagian orang tua yang tidak tahu bagaimana cara mendidik anaknya dengan baik, bahkan yang tidak ikhlas.

Tidak ikhlas mendidi anak itu berdampak buruk pada karakter dan akhlak sang anak. Jangan sepelekan ini, karena Allah berfiman:

إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ

“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu) …” (QS. at-Taghabun: 15)

Berikut ini beberapa dampak buruk yang akan ditimbulkan jika orang tua tidak ikhlas dalam mendidik anaknya:

1. Munculkan Sifat Pelit
Orang tua yang merasa terbebani dengan biaya pendidikan anaknya (padahal mampu) atau kebutuhan lainnya seperti jajan anak, akan memunculkan sifat pelit.

Tidak hanya pada orang tua, tapi anaknya nanti akan menjadi pribadi yang pelit karena meniru sikap yang dicontohkan orang tuanya

4. Penyebab Kebodohan
Orang yang merasa terlalu terbebani dengan kehidaran anak, akan membuat dirinya malas untuk menuntut ilmu. Padahal dalam Islam belajar itu sampai mati.

Ketika orang tua malas belajar maka kualitas anak pun juga tidak berkembang, karena orang tua tidak memberi contoh keilmuan untuk anak-anaknya.

3. Memunculkan Sifat Pengecut
Sifat pengecut bagi orang yang sudah menikah itu kadang timbul setelah dia punya momongan, karena merasa terbebani dengan kehadiran buah hati.

Sebagai orang tua seharusnya bisa tegas dan berani mengambil sikap, agar kelak menjadi contoh bagi anak-anaknya.

Jika orang tua sudah tidak peduli dalam mendidik anak karena tidak ikhlas, maka jangan salahkan anak kalau nantinya ketika sudah besar menjadi pribadi yang pengecut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tidak Ikhlas Mendidik, Ini 3 Dampak Buruknya Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel