Bolu Jadul Super Lembut, Hidangan Yang Tak Lekang Oleh Jaman

 

Siapa sih yang tak kenal dengan Bolu Jadul yang manis, empuk, lembut saat disantap, makin nikmat dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Bolu Jadul merupakan kue yang populer sejak jaman dahulu sampai sekarang dan selalu disukai sepanjang masa. Disukai oleh tua, muda, bahkan anak-anak. Bolu Jadul Super Lembut dapat dinikmati setiap saat, dapat dijadikan oleh-oleh maupun bekal. Bagaimana, tertarik untuk membuat?

Tapi bagi Bunda yang sedang belajar di dunia baking, membuat seloyang bolu yang hasilnya mengembang cantik, lembut, empuk dan tidak bantat terkadang membutuhkan latihan beberapa kali untuk menghasilkan kue bolu yang sempurna, baik dari rasa juga dari penampilan. Tak perlu khawatir atau takut, Bunda. Kuncinya adalah baca resep dengan seksama, siapkan bahan-bahannya jangan sampai ada yang terlupa, dan perhatikan setiap instruksi bagaimana cara membuatnya secara urut. Maka hasilnya pun akan memuaskan.

Sudah siap untuk membuat Bolu Jadul Super Lembut, Bunda? Berikut resep sederhana yang bisa coba Bunda praktekkan di rumah. Let's go!

Bahan-bahan

Bahan A

  • 6 butir telur ukuran sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt sp

Bahan B

  • 200 gram terigu serbaguna
  • 100 gram butter + 50 gram margarin, lelehkan
  • 1/2 sachet (20 gram) susu kental manis + 3 sdm air

Cara Membuat

1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang tulban, oles margarin dan taburi terigu, sisihkan.

2. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan maksimal / high speed bahan A sampai pucat dan kental berjejak. (Note: harus benar-benar kental berjejak! Inilah kunci penting, supaya bolu tidak bantat)

3. Turunkan kecepatan mixer ke paling rendah, sambil dikocok masukkan terigu bertahap, kocok hingga rata, matikan mixer.

4. Masukkan butter dan margarin bertahap, aduk lipat hingga rata.

5. Terakhir masukkan susu kental manis yang sudah dicampur air, aduk rata.

6. Tuang ke loyang, hentakkan loyang beberapa kali.

7. Panggang selama 40-45 menit atau hingga matang, lakukan tes tusuk.

Hhmm.. cukup simpel ya Bunda untuk bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seloyang Bolu Jadul Super Lembut, tapi jangan salah, meski simpel ternyata resep ini bisa menghasilkan Bolu Jadul yang lezatnya spesial, empuk, lembut, ngga seret. Buruan eksekusi deh Bunda, sajian lezat ini pasti akan segera menjadi favorit Bunda dan keluarga di rumah.

Catatan.  Berbeda dengan dunia cooking atau memasak dimana kita bisa lebih fleksibel mengotak-atik resep. Di dunia baking, mengotak-atik resep tanpa pengalaman atau basic pengetahuan tentang komposisi/ takaran dan kegunaan bahan, bisa mengakibatkan hasil menjadi kurang maksimal ya, Bunda. So, jika Bunda masih belajar per-baking-an, cukup ikuti dengan seksama takaran bahan dan cara membuatnya sesuai dengan yang tertulis pada resep ya Bunda.

Selamat mencoba!

Sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bolu Jadul Super Lembut, Hidangan Yang Tak Lekang Oleh Jaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel