Resep Kue Jongkong Khas Bangka. Resepnya Persis Kayak Yang Dijual di Bangka Asli Enak Bangett

 

Resep julie.w_kitchen, kamsia ya ce, resepnya persis kayak yg dijual diBangka ENAK BANGET. Ijin share ya ^^ 

KUE JONGKONG KHAS BANGKA
by vitakwee

Lapis Gula jawa

250 gram gula jawa

65-80 grm air

(Aku, gula jawa cukup disisir halus masukan kedalam cup plastik) sisihkan

Lapis Hijau

400 gr santan kara instan

400 air sari pandan

65 grm tepung beras

13 grm tepung tapioka

1 sdt garam

2 1/2 sdm gula pasir (Aku tambahkan 1 sdt air kapur sirih)

Lapis Putih

800 grm santan

75 grm tepung beras

25 grm tepung tapioka

1 1/2 sdt garam

2 sdt gula pasir

Daun pandan secukupnya.

Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka

Siapkan gelas plastik

Masak bahan gula sampai larut dan agak mengental,tuang ke cup plastik.

Campur semua bahan hijau, aduk rata (saring) masak adonan hijau sampai meletup" dan matang (terus diaduk, awal agak bergumpal2,kental diaduk terus adonan akan licin) masukan kedalam cup plastik (aku isi setengah cup)

Masak adonan putih + daun pandan (cara sama seperti adonan hijau) lalu tuang kedalam cup yang sudah terisi adonan hijau. (Aku kukus kue'nya kurang lebih 10menitan. Diresep tidak perlu dikukus)

Tunggu dingin baru dihidangkan (sajikan dalam keadaan dingin lebih enak) *aku pakai 1 butir kelapa parut. Cara ku peras kelapa parut pake blender kasih air secukupnya terus saring. pakai air blnder kelapa yg sudah disaring lakukan sampai kelapa parut abis. hasil perasan lebih kental dan ga cape peras2. (aku tambahkan 1 kara kecil, bagi buat adonan hijau dan putih.

Selamat mencoba

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resep Kue Jongkong Khas Bangka. Resepnya Persis Kayak Yang Dijual di Bangka Asli Enak Bangett"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel